SEBORHEA DAN BISUL

                                                      SEBORHEA DAN BISUL

 

                             

A.    SEBORHEA (Dermatitis Seboreik)

 

1)      Definisi
Sering juga disebut sarap atau borokan. Dalam istilah kedokteran, disebut craddle cap atau dermatitis seboroik, yaitu kelainan kulit pada kepala berupa sisik berminyak, tebal, lengket, dan biasanya berwarna kemerahan.

 

2)      Penyebab
Tak diketahui secara pasti. Namun dari penelitian yang pernah dilakukan, kerak kepala diketahui sebagai peradangan kulit di daerah yang berminyak (seboroik) karena ada gangguan pada kelenjar minyak. Kelainan ini juga bersifat genetik (diturunkan). Pada bayi baru lahir hal ini sering terjadi karena aktivitas kelenjar sebasea yang meningkat oleh pengaruh stimulasi hormon androgen dari ibu saat hamil. Biasanya mulai timbul pada usia 2-3 minggu (bulan pertama).

 

3)      Gejala

            Pada bayi baru lahir yang berumur kurang dari 1 bulan, dermatitis seboroik menyebabkan ruam tebal berkeropeng berwarna kuning di kulit kepala (cradle cap) dan kadang tampak sebagai sisik berwarna kuning di belakang telinga atau beruntusan merah di wajah. Ruam di kulit kepala ini sering disertai dengan ruam popok. Pada anak-anak, dermatitis seboreik menyebabkan timbulnya ruam yang tebal di kulit kepala yang sukar disembuhkan.

 

4)      Penanggulangan

a.  Bersihkan dengan hati-hati karena kulit kepala bayi masih halus dan tipis.

b.  Meski tak berbahaya, bila dibiarkan terkesan kotor dan tak enak dilihat. Bisa pula menjadi sumber infeksi karena menjadi tempat tumbuhnya bakteri.

c.  Kerak kepala juga akan menghambat keluarnya keringat. Bila dibiarkan, lapisan sel kulit yang mati akan makin banyak dan akhirnya timbul biang keringat, bisul, atau abses di kepala. Dalam jangka panjang, dapat bertambah berat dan meluas ke seluruh tubuh yang disebut entroderma yang pada bayi dikenal sebagai penyakit lemier.

d.  Sebaiknya bawa ke dokter. Pasien biasanya akan diberi minyak kelapa yang telah dicampur zat antiseboroik. Caranya, oleskan di kulit kepala yang berkerak dan biarkan semalaman. Esok paginya bersihkan dengan sisir bergigi rapat, lepaskan kerak pelahan-lahan dari kepala bayi. Setelah itu, keramasi dengan sampo bayi, keringkan, lalu oleskan krim obat dari dokter yang biasanya berisi steroid sebagai zat antiperadangan. Jika perawatan dilakukan dengan benar, kerak kepala akan sembuh dalam hitungan hari.

e.  Agar tak muncul lagi, mandikan dan keramasi bayi dengan bersih dan rutin.

 

 

 

B.     BISUL

1)      Definisi

Bisul atau bisulan (kalau jumlahnya banyak) yang dalam bahasa kedokteran disebut furunkel, seperti dituturkan, merupakan radang atau infeksi yang disebabkan oleh kuman atau bakteri staphylococcus aureus.

 

2)      Dari jenis-jenisnya, secara medis bisul dibedakan sebagai berikut:

a.       Folikulitis

Folikulitis adalah peradangan yang hanya terjadi pada umbi akar rambut saja. Berdasarkan letak munculnya, bisul jenis ini dapat dibedakan menjadi 2, yaitu superficial atau hanya di permukaan saja dan yang letaknya lebih dalam lagi disebut profunda.

b.      Furunkel

Furunkel adalah peradangan pada umbi akar/folikel rambut dan sekitarnya. Biasanya jumlahnya hanya satu.

c.       Furunkel losis

Disebut furunkel losis apabila jumlah furunkel-nya lebih dari satu.

 

d.      Karbunkel

Bila di saat yang bersamaan ada beberapa/sekelompok furunkel, secara medis diistilahkan sebagai karbunkel.

e.       Abses multiple kelenjar keringat

Bisul ini biasanya berupa benjolan yang tidak bermata, jumlahnya banyak, bergerombol di beberapa tempat, seperti di dada dan sebagainya. Bisul jenis ini paling banyak menyerang anak-anak.

f.       Hidra adinitis

Ada juga jenis bisul yang mengenai kelenjar apokrin, yaitu bila bisul tersebut muncul di ketiak atau daerah genital. Secara medis bisul ini diistilahkan sebagai hidra adinitis.

g.      Skrofulo derma

Bentuknya memang seperti bisul, tapi sebenarnya adalah benjolan pada getah bening karena penyakit TBC.

 

3)      Gejala-Gejala

a.   Gatal-gatal

Bila bisul yang muncul masih berupa folikulitis, gejala yang timbul biasanya berupa gatal-gatal di daerah benjolan dan sekitarnya.

b.  Nyeri

Pada bisul yang berjenis furunkel atau karbunkel selain gatal, biasanya juga disertai nyeri.

c.  Berbentuk kerucut dan “bermata”

Bisul jenis furunkel dan karbunkel biasanya berbentuk kerucut dan bermata yang mudah pecah dan mengeluarkan cairan dari dalamnya.

d.  Berbentuk kubah

Sedangkan bisul yang muncul pada kelenjar keringat biasanya berbentuk bulat seperti kubah, tidak bermata dan tanpa disertai rasa nyeri. Bisul jenis ini biasanya tidak mudah pecah.

e.  Demam

Gejala bisul yang muncul pada kelenjar apokrin biasanya disertai demam.

 

4)      Faktor Pemicu

Secara garis besar ada 3 pemicu munculnya bisul, yaitu:

a.  Faktor kebersihan

Pada dasarnya bisul muncul karena adanya kuman. Orang-orang yang tidak menjaga kebersihan tubuh dan lingkungannya dengan baik, otomatis lebih berpeluang terpapar kuman penyebab bisul.

b.     Daerah tropis

Secara geografis Indonesia termasuk daerah tropis. Dimana udaranya panas sehingga dengan mudah orang akan berkeringat. Keringat pun bisa menjadi salah satu pemicu munculnya bisul. Terutama bisul yang terjadi pada kelenjar keringat.

c.     Menurunnya daya tahan tubuh

Menurunnya daya tahan tubuh bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya kurang gizi, gangguan darah seperti anemia, mengidap penyakit keganasan seperti kanker, atau penyakit lain seperti diabetes dan sebagainya.

 

5)      Pencegahan

a.       Perhatikan kebersihan. Baik kebersihan badan maupun lingkungan bermain.

b.      Bila sudah timbul keluhan seperti gatal-gatal, jangan dianggap remeh, bisa jadi itu adalah gejala awal timbulnya bisul.

c.       Kalau ada benjolan, jangan dipencet-pencet apalagi kalau tangan/benda yang digunakan untuk memencet tidak bersih. Aktivitas ini bisa memperparah keadaan.

d.      Jangan sembarangan menggunakan antibiotik untuk mengobati bisul walaupun bentuknya hanya berupa krim, karena antibiotik bisa menimbulkan kekebalan/resistensi.

e.       Perhatikan gizi anak. Asupan gizi yang baik akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuhnya.

f.       Bila anak dalam kondisi tidak sehat, sebaiknya hindari tempat permainan umum yang bisa menularkan kuman.

 

3 thoughts on “SEBORHEA DAN BISUL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s